Hiking ke Tangkuban Perahu

Hari sabtu (07/05/2005) yang lalu, kami bertiga (saya, anduz, dan doel) berangkat hiking ke Tangkuban Perahu. Berbeda dari pengalaman sebelumnya, kali ini kami melalui jalur yang menurut saya lumayan ekstrim, yaitu dari Parongpong melalui Sukawana.

Total waktu tempuh berjalan kaki mulai dari Sukawana sampai kembali ke Lembang via Jayagiri kurang lebih 9 jam, plus beberapa kali istirahat dan berhenti sejenak di tepi kawah. Jalur ini lebih jauh dibanding melalui Jayagiri karena melingkari tepi barat gunung Tangkuban. Namun demikian jalur yang dilalui relatif kurang menanjak sehingga kami tidak cepat kehabisan energi. Melalui sisi ini kita dapat memandangi gunung di sebelah barat Tangkuban yaitu gunung Burangrang. Selama perjalanan saya mendapat keasyikan mengambil gambar tumbuh-tumbuhan dari jarak dekat. Gambar-gambar dapat dilihat pada link di bawah.

Sesampai di puncak yang terdapat menara hujan mulai turun. Jalur sesudah menara inilah yang cukup ekstrim karena jalan setapak yang licin akibat hujan, dan juga jurang di kanan/kiri kami. Dari atas kita bisa melihat kawah Upas. Perlahan-lahan kami menuruni jalur yang sempit menuju kawah Upas. Di dekat kawah Upas terdapat mata air pemandian keramat, mmm… saya lupa namanya. Di lokasi ini terdapat tempat yang menyerupai jamban dan ada tempat untuk menaruh sesajian. Agak seram juga karena nggak ada siapa-siapa selain kami.

Selepas dari lokasi pemandian tersebut, sampailah kami di kawasan Taman Wisata Gunung Tangkuban Perahu pada sekira jam tiga sore. Setelah cukup beristirahat dan menyantap perbekalan kami turun melalui Jayagiri.

Gambar-gambar selengkapnya ada di sini

4 Replies to “Hiking ke Tangkuban Perahu”

  1. mau tanya,,, masuk ke tangkuban perahu brp bayarnya? parkirnya berapa? di situ ada kendaraan lokal untuk naik ke atas kan? trus bayarnya brp? please,,, bantuin ya,,,,,,,,,,

Comments are closed.