Menonaktifkan Keyboard Internal Laptop (ThinkPad Edge E135/Ubuntu)

Brand laptop Thinkpad dikenal dengan keunggulannya yang tahan banting, cocok untuk dipakai dengan perawatan minimum. Kami memberikan laptop Thinkpad, tipe Edge E135 untuk digunakan oleh anak-anak.

Dengan penggunaan oleh anak-anak yang cenderung kurang hati-hati, pada suatu hari terjadilah kejadian satu gelas air teh manis yang tumpah membasahi keyboard. Laptop berhasil diselamatkan, untuk beberapa hari kondisi masih normal seperti biasa. Namun sesudah itu terjadi situasi di mana tombol enter tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya.


Mungkin hal ini karena tipe Thinkpad yang digunakan oleh anak-anak kami ini termasuk kelas low-end sehingga tidak betul-betul tahan banting sebagaimana yang kami bayangkan selama ini. Karena tombol enter ini lumayan penting kedudukannya, maka gangguan yang terjadi yaitu terpijit terus menerus membuat kami mencoba mencari solusi sebisanya. Kami coba mencabut tombolnya dengan pikiran akan kami pasang kembali sesudahnya. Namun pada saat dicabut ternyata patah dan tidak bisa dipasang kembali. Untungnya fungsi tombol enter dapat terus digunakan walaupun tanpa tombol.

2015-06-03 11.21.30
Key “enter/return” lepas

Untuk beberapa bulan, cukup lama juga, hal ini tidak menjadi masalah sampai pada suatu hari kembali terus menerus. Kami rencanakan untuk mengganti dengan keyboard yang baru, namun untuk sementara kami coba menggunakan keyboard eksternal dan menonaktifkan keyboad internal laptop.

Untuk menonaktifkan keyboad internal dari hasil Googling didapatkan cara sebagai berikut:

Perintah xinput digunakan untuk kebutuhan ini. Langkah-langkah yang dilakukan:

  1. Ketikkan xinput list untuk menampilkan list divais input.
    Pada saat dicoba muncul pesan error: Unable to connect to X server.
    Untuk mengatasinya ketikkan perintah: export DISPLAY=:0.0
    Setelah itu xinput list menhasilkan keluaran yang seharusnya.


    widi@SketchPad:~$ xinput list
    ⎡ Virtual core pointer id=2 [master pointer (3)]
    ⎜ ↳ Virtual core XTEST pointer id=4 [slave pointer (2)]
    ⎜ ↳ SynPS/2 Synaptics TouchPad id=12 [slave pointer (2)]
    ⎜ ↳ TPPS/2 IBM TrackPoint id=13 [slave pointer (2)]
    ⎣ Virtual core keyboard id=3 [master keyboard (2)]
    ↳ Virtual core XTEST keyboard id=5 [slave keyboard (3)]
    ↳ Power Button id=6 [slave keyboard (3)]
    ↳ Video Bus id=7 [slave keyboard (3)]
    ↳ Power Button id=8 [slave keyboard (3)]
    ↳ CHICONY HP Basic USB Keyboard id=9 [slave keyboard (3)]
    ↳ Integrated Camera id=10 [slave keyboard (3)]
    ↳ AT Translated Set 2 keyboard id=11 [slave keyboard (3)]
    ↳ ThinkPad Extra Buttons id=14 [slave keyboard (3)]

  2. Temukan AT Translated Set 2 keyboard. Catat no id (pada output di atas id=11) yang akan digunakan untuk menonaktifkan keyboard. Catat pula [slave keyboard (#)]; ini adalah nomor id master yang akan digunakan untuk mengaktifkan kembali keyboard.
  3. Ketikan perintah xinput float <id#>. Untuk output id=11 maka perintahnya adalah xinput float 11, dan keyboard internal pun menjadi tidak berfungsi.
  4. Selanjutnya bila ingin mengaktifkan kembali ketikkan perintah xinput reattach <id#> <master#>. Untuk contoh di atas menjadi xinput reattach 11 3

Catatan, untuk selanjutnya bila anda merestart laptop, anda perlu kembali menjalankan perintah xinput float <id#>. Perhatikan kembali id# yang kemungkinan akan berubah atau tidak sama dengan sebelumnya.

Demikian, mudah-mudahan bermanfaat.

Leave a Reply