Aplikasi Free Software untuk Pekerjaan Grafis di Mac

Published on Author Widianto Nugroho3 Comments

Produk Apple khususnya Mac terkenal nyaman untuk digunakan untuk kebutuhan bekerja sehari-hari maupun untuk berbagai keperluan lainnya seperti untuk hiburan. Sebagai media hiburan pada tingkat tertentu sudah cukup dengan menggunakan berbagai aplikasi bawaannya seperti Photos, Quicktime, dll. Lalu bagaimana untuk keperluan produksi seperti misalnya kebutuhan pekerjaan desain grafis? Untuk pekerjaan profesional memang sebaiknya menggunakan berbagai aplikasi profesional juga. Anda tinggal membeli aplikasi yang ada butuhkan dan bekerja semaksimal mungkin memanfaatkan aplikasi yang anda beli tersebut. Namun ada harga ada rupa. Aplikasi semacam produk-produk Adobe ini harganya mahal.

Terus gimana dong solusinya? Tenang jangan kuatir, anda bisa menggunakan aplikasi-aplikasi open source yang sudah diporting ke Mac. Untuk kebutuhan saya, aplikasi yang dimaksud adalah:

  • Inkscape untuk grafis vektor
  • Gimp untuk grafis bitmap
  • Scribus untuk membuat publikasi cetak
  • Kdenlive untuk mengedit video
  • dan lain-lain

Saya sendiri menggunakan Inkscape untuk kebutuhan pekerjaan sehari-hari. Inkscape bagi saya sudah cukup stabil dan mature. Dapat diandalkan untuk setiap pekerjaan yang saya lakukan. Selain itu format file dari Inkscape ini adalah Scalable Vector Graphics (SVG), format file teks yang serupa dengan SVG yang dirilis oleh World Wide Web Consortium (W3C). Jadi anda dapat menggambar di Inkscape kemudian output file svg-nya dapat dimanipulasi sedemikain menggunakan Javascript untuk membuat sajian interaktif yang dikemas dalam HTML5.

Yang kedua adalah Gimp. Dibanding Inkscape, Gimp relatif jarang saya gunakan. Saya lebih banyak menggambar vektor dibandingkan bitmap atau mengolah fotografi. Inkscape dan Gimp sudah tersedia dalam aplikasi native OS X.

Berikutnya Scribus dan Kdenlive, menurut pengalaman masih kurang bisa memenuhi kebutuhan. Scribus nampaknya masih belum optimal. Sangat rakus memakan sumber daya dan lambat. Kdenlive, selain lambat juga terdapat beberapa komponen yang tidak tersedia/tidak bisa jalan. Jadi untuk kedua aplikasi tersebut lebih baik di jalankan di Linux.

Inkscape/X11/MacPorts
Inkscape/X11/MacPorts
Gimp/X11/MacPorts
Gimp/X11/MacPorts
Scribus/Qt/MacPorts
Scribus/Qt/MacPorts
Kdenlive/Qt/MacPorts
Kdenlive/Qt/MacPorts

Untuk mendapatkan aplikasi-aplikasi open source di Mac anda, ada dua cara yang bisa dilakukan:

  1. Menggunakan aplikasi package management seperti MacPorts, Fink, dan lain-lain.
  2. Googling mencari aplikasi yang dimaksud atau kebutuhannya, bila sudah ada versi OS X nya download dan jalankan di Mac anda.

Aplikasi-aplikasi open source ini kan free. Lalu bagaimana cara “membayarnya” berhubung sudah mendapatkan berbagai manfaat bahkan mendapatkan penghidupan dari aplikasi open source? Menurut hemat saya, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah berkontribusi dengan membagikan pengetahuan yang telah anda dapatkan dengan membuat artikelnya di blog, berkontribusi di grup-grup terkait di media-media sosial seperti di Facebook dan lain-lain. Kemudian anda bisa berkontribusi pada projek open source mulai dari bergabung sebagai developer, desainer, atau membuat manual dokumentasi, atau menterjemahkan ke dalam bahasa lokal kita, dan juga tentu saja membayar dalam pengertian memberi donasi uang bila ada. Saya sendiri baru bisa sekedar menulis di blog yang masih banyak kekurangannya ini :)

Nah itu sedikit mengenai aplikasi open source untuk kebutuhan desain grafis. Masih banyak aplikasi-aplikasi lainnya yang bisa anda gunakan untuk berbagai kebutuhan. Demikian, mudah-mudahan ada gunanya.

Widianto Nugroho

3 Responses to Aplikasi Free Software untuk Pekerjaan Grafis di Mac

Leave a Reply